Mengenai Saya

Foto saya
Yogyakarta, Indonesia
Lahir di Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah. Pernah kuliah di UNY jurusan PKn dan Hukum, dan sekarang mengabdi di bidang pendidikan untuk salah satu sekolah dijogja

Silabus


SILABUS BERKARAKTER DAN SISTEM PENILAIAN


Sekolah                          : CONTOH
Kelas                              : VII
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                       : II ( dua )
Standar Kompetensi     : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan  dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENCAPAIAN INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR

KARAKTER
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN



3.1 Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM


Sejarah Perjuangan Penegakkan HAM

Pengertian HAM

Macam-macam HAM

Dengan Informasi melalui pendekatan cooperatif clearning dengan pendekatan small group discussion peserta didik dapat :
1.    Menjelaskan sejarah
       perjuangan penegakkan
       HAM
2 .    Pengertian HAM
3.     Macam-macam HAM
4.        Menyebutkan dasar hukum penegakan HAM di Indonesia


5.        Menyebutkan lembaga-lembaga perlindungan HAM

6.              Menjelaskan latar
       belakang lahirnya
       perundang-undangan
     HAM nasional


1.Menjelaskan   
   sejarah
   perjuangan 
   penegakkan HAM

2.Menjelaskan
   pengertian HAM

3.Menyebutkan
  macam-macam
  HAM

4.Menyebutkan 
   dasar hukum
  penegakan HAM di
   Indonesia


5.Menyebutkan
  lembaga-lembaga
  perlindungan HAM

6.Menjelaskan latar
   belakang lahirnya
   perundang-
  undangan HAM
  nasional


Tes tulis




Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis





Tes tulis



Tes tulis


Pilihan Ganda dan Uraian



PG & Uraian


PG & Uraian



PG & Uraian





PG & Uraian



PG & Uraian

1. Jelaskan secara singkat sejarah
    perjuangan penegakkan  HAM!
2. Apakah Yang dimaksud HAM
3. Sebutkan Macam – macam HAM
4. Sebutkan dasar hukum Penegakkan
    HAM di Indonesia
5. Sebutkan 3 lembaga perlindungan HAM
    di  Indonesia



4 x 40

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM
LKS Garuda






















Rerligius
Percaya Diri
Menghargai\
Kerjasama
Berfikir Kritis
Dan Rasional
Sopan santun
Membuat Keputusan
Menghormati hak Orang lain
nasionalisme

3.2     Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM

Perlindungan dan Penegakkan HAM

Instrumen HAM di Indonesia

Dengan Informasi melalui pendekatan cooperatif clearning dengan pendekatan Jig Saw  peserta didik dapat :

  1. Menyebutkan pasal-pasal dal;am UUD 1945 yang berkaitan dengan HAM.
  2. Menyebutkan Tap –tap MPR yang berkaitan dengan HAM
  3. Menyebutkan peraturan perundang-undangan tentang HAM
  4. Menganalisis
               kasus-kasus
               pelanggaran HAM
               di lingkungan
              keluarga, sekolah,
           dan masyarakat
1.Menganalisis
   kasus-kasus
   pelanggaran HAM
   di lingkungan
 keluarga, sekolah,
  dan masyarakat


2.Mengemukakan
    cara-cara
   penanganan
   pelanggaran HAM

Tes tulis







Tes tulis
PG & Uraian







PG & Uraian









1. Sebutkan pasal-pasal dal;am UUD 1945
    yang berkaitan dengan HAM.
2. Sebutkan Tap-tap MPR yang berkaitan
    dengan HAM
3. Sebutkan peraturan perundang-
    undangan tentang HAM
4. Berilah contoh-contoh pelanggaran HAM
    dilingkungan keluarga, sekolah dan
    masyarakat.

4 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM, Media massa
Aparat kepolisian
LKS Garuda












Rerligius
Percaya Diri
Menghargai\
Kerjasama
Berfikir Kritis
Dan Rasional
Sopan santun
Membuat Keputusan
Menghormati hak Orang lain
nasionalisme


3.3     Menghargai upa ya perlindungan HAM


Perlindungan dan Penegakkan HAM

Dengan Informasi melalui pendekatan cooperatif clearning dengan pendekatan Example non Example  peserta didik dapat :
  1. Menyebutkan lembaga perlindungan HAM di Indonesia



1.Menyebutkan  
    Llembaga
    Perlindungan
   HAM
2.Menyebutkan
   tujuan
   komnasham
3.Menyebutkan
   wewenang
  konnasham
4.Menyebutkan
   tujuan
   komisinasional
   anti kekerasan
   rehadap    
  perempuan
5.menyebutkan
  macam-macam
  pelanggaran HAm




Tes tulis









Tes tulis

PG & Uraian









PG & Uraian


1.Menyebutkan    Llembaga   Perlindungan
   HAM
2.Menyebutkan  tujuan komnasham\
3.Menyebutkan  wewenang konnasham






4.Menyebutkan  tujuan komisinasional
   anti kekerasan  terhadap     perempuan
5.menyebutkan macam-macam
   pelanggaran HAm

4 x 40’


Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM,
Komnas HAM
YLBHI
Kontras
LSAM
LKS Garuda









Rerligius
Percaya Diri
Menghargai\
Kerjasama
Berfikir Kritis
Dan Rasional
Sopan santun
Membuat Keputusan
Menghormati hak Orang lain
nasionalisme

3.4     Menghargai upa ya penegakkan HAM

Penegakan HAM lewat peraturan perundang-undangan HAM

Penegakan HAM lewat penyadaran

Penegakan HAM lewat badan peradilan
Dengan Informasi melalui pendekatan cooperatif clearning dengan pendekatan Talking Stiik  peserta didik dapat :
  1. Menyebutkan peraturan perundangan tentang HAM
  2. Memberikan contoh  penegakan HAM lewat penyadaran
  3. Memberiklan contoh penegakan HAM lewtat badan peradilan
1.Menyebutkan
   peraturan
   perundangan
   tentang HAM

2.Memberikan
  contoh penegakan
   HAM lewat
   Penyadaran

3.Memberiklan
   Contoh 
   penegakan HAM
   lewtat badan
   peradilan




























Tes tulis




Tes tulis




Tes tulis
























PG & Uraian




PG & Uraian




PG & Uraian
Serta Sekala Sikap

























1  Sebutkan peraturan perundangan
    tentang HAM

2.Berilah  contoh penegakan
   HAM lewat  Penyadaran

3.Berilah Contoh  penegakan HAM
   lewtat badanperadilan

Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYATAAN

SS

S

N

TS

STS
1
Orang tua yang melalukan pel anggaran HAM harus diadili se suai dengan tingkat kesalahannya





2
Upaya penegakan HAM ha rus dimulai dari keluarga





3
Guru adalah salah satu aparat pene gak HAM di sekolah





4
Kewajiban me negakkan HAM terletak  ditangan aparatur kepolisian dan LSM pemerhati HAM





5
Guru yang me nempeleng sis wanya karena tidak mengerjakan PR adalah bentuk upa ya penegakan HAM di kelas





Keterangan:
SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif )
S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )
N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 )
TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif )
STS  = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )












4 x 40’
Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM,
Media massa
Anggota kepolisiian
Tokoh Masyarakat
LKS Garuda
Rerligius
Percaya Diri
Menghargai\
Kerjasama
Berfikir Kritis
Dan Rasional
Sopan santun
Membuat Keputusan
Menghormati hak Orang lain
nasionalisme


Jepara, 3 Januari 2011
Mengetahui                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran PKn
Kepala Contoh


Khusairi                                                                                                                                     Drs. Khasan Junaidi
                                                                                                                                                NIP. 19660210 200701 1 023








SILABUS BERKARAKTER DAN SISTEM PENILAIAN


Sekolah                         : CONTOH
Kelas                              : VII
Mata Pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                       : II ( dua )
Standar Kompetensi     : 4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR

KARAKTER




TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN




4.1 Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat

Hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat

Asas dan tujuan menyampaikan pendapat

Hak dan kewajiban menyamaikan pendapat dimuka umum



Dengan Informasi melalui pendekatan cooperatif clearning dengan pendekatan small group Discussion   peserta didik dapat :
  1. Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
  2. Menyebutkan asas kemerdekaan mengemukakan pendapat.
  3. Menyebutkan tujuan pengaturan kemerdekaan mengemukakan pendapat. Di muka umum.
  4. Menyebutkan hak dan kewajiban warga negara di dalam menyampaikan pendapat di muka umum.

·  Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat 
  • Menyebutkan asas kemerdekaan mengemukakan pendapat.
  • Menyebutkan tujuan pengaturan kemerdekaan mengemukakan pendapat. Di muka umum.
Menyebutkan hak dan kewajiban warga negara di dalam menyampaikan
pendapat di muka umum.




Tes ter tulis


Tes tertulis





Tes lisan







Tes
lisan

Tes Pilihan Ganda
Dan uraian

Tes Pilihan Ganda
Dan uraian





Tes Pilihan Ganda
Dan uraian





Tes Pilihan Ganda
Dan uraian




1.Wujud pelaksanaan kemerdekaan
    menyampaikan pendapat secara
   lisan di muka umum ....
a.          demonstrasi
b.          pawai
c.           rapat umum
d.          mimbar bebas

2. Apa akibatnya bila ada pembatasan
   kebebasan  mengemukakan pendapat
      ?
3. Apa akibatnya kalau dalam 
    mengemu kakan pendapat  tanpa
   batas?
4 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat
LKS Garuda
Rerligius
Percaya Diri
Menghargai\
Kerjasama
Berfikir Kritis
Dan Rasional
Sopan santun
Membuat Keputusan
Menghormati hak Orang lain
Nasionalisme
Bertanggung Jawab
Pengendalian Diri
Tertib














4.2  Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemu kakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

Akibat pembatasan terhadap kemerdekaan berpendapat

Akibat mengemukakan pendapat tanpa batas


Dengan Informasi melalui pendekatan cooperatif clearning dengan pendekatan small group Discussion   peserta didik  dapat :
  1. Menyebutkan akibat yang ditimbulkan dari pembatasan kemerdekaan berpendapat.
  2. Menyebutkan  akibat  yang timbul dari mengemukakan pendapat dapat tanpa batas
1.Menyebutkan akibat yang ditimbulkan dari pembatasan kemerdekaan berpendapat.
2. Menyebutkan  akibat  yang timbul dari mengemukakan pendapat dapat tanpa batas
Tes
tulis



Tes
tulis










Tes
Pilihan Ganda
Dan uraian

Tes
Pilihan Ganda
Dan uraian









UUD 1945 memberikan jaminan ter hadap kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertuang dalam pasal....
a.           27
b.           28
c.            29
d.           30

Berikut ini adalah kewajiban dan tanggung jawab yang harus dipenuhi dalam menyampaikan pendapat di muka umum, kecuali ....
a.          menjaga keutuhan, persatuan  dan kesatuan bangsa
b.          menjaga keamanan dan ketertiban
c.           menjaga kepen tingan kelom pok/etnis tertentu
d.          menghormati hak dan kebebasan orang lain
Uraian :
1. Apakah akibat yang ditimbulkan dari
     pembatasan kemerdekaan
     berpendapat.
2. Menyebutkan  akibat  yang timbul
    dari mengemukakan pendapat dapat
   tanpa batas










4 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat
LKS Garuda
Rerligius
Percaya Diri
Menghargai\
Kerjasama
Berfikir Kritis
Dan Rasional
Sopan santun
Membuat Keputusan
Menghormati hak Orang lain
nasionalisme

4.3Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
Penyampaian pendapat secara demokratis

Bentuk-bentuk dan tatacara penyampaian pendapat dimuka umum

Contoh kemerdekaan mengemukakan pendapat diberbagai lingkungan
Dengan Informasi melalui pendekatan cooperatif clearning dengan pendekatan small group Discussion   peserta didik  dapat :
1. Menjelaskan  
   Penyampaian pendapat
   secara demokratis

2. Menjelaskan Bentuk-
   bentuk dan
   tatacara penyampaian
   pendapat dimuka umum

3.Menyebutkan Contoh –contoh kemerdekaan mengemukakan pendapat diberbagai lingkungan
1. Menjelaskan  
   Penyampaian pendapat
   secara demokratis

2. Menjelaskan Bentuk-
   bentuk dan
   tatacara penyampaian
   pendapat dimuka umum

3.Menyebutkan Contoh –contoh kemerdekaan mengemukakan pendapat diberbagai lingkungan
Tes
tulis



Tes
tulis






Tes
tulis

Tes
Pilihan Ganda
Dan uraian


Skala sikap

1. Apakah yang dimaksud penyampaian
    pendapat secara demokratis
2. Sebutkan bentuk-bentuk penyampaian
    pendapat dimuka umum
3. Sebutkan tatacara penyampaiian pendapat
    dimuka umum
4. Sebutkan tempat-tempat yang tidak boleh
    untuk menyampaikan pendapat dimuka umum.


Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!


NO

PERNYATAAN

SS

S

N

TS

STS
1
Bagi kelompok yang akan ber demo diaharuskan meminta izin terlebih dahulu





2
Dalamberdemo harus jelas sia yang menjadi papimpinan, berapa jumlah peserta dan apa yang akan disampaikan nya





3
Hari Minggu ti dak boleh mela kukan demo





4
Membakar poto presiden, dan  lambang negara dalam berdemo merupakan tindakan pidana





5
Berdemo yang disertai peng rusakan fasili tas umum merupakan tindakan anrkis





Keterangan:
SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif )
S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )




N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 )
TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif )
STS  = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )


4 x 40’
Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat
Rerligius
Percaya Diri
Menghargai\
Kerjasama
Berfikir Kritis
Dan Rasional
Sopan santun
Membuat Keputusan
Menghormati hak Orang lain
nasionalisme






Jepara, 3 Januari 2011
Mengetahui                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran PKn
Kepala Contoh


Khusairi                                                                                                                                     Drs. Khasan Junaidi
                                                                                                                                                NIP. 19660210 200701 1 023